650 Nakes Terpapar Covid-19, 8 Orang Meninggal Dunia

CIBINONG – Sebanyak 650 tenaga kesehatan di Kabupaten Bogor, terpapar Covid-19. Jumlah itu terjadi selama pandemi berlangsung hampir satu tahun ini.

“Sampai tanggal 13 Januari 2021, Nakes yang terkonfirmasi Covid-19 itu sebanyak 650 orang dan Nakes sembuh sebanyak 494 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Senin (18/1/2021).

Dari total tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor mencatat sedikitnya delapan (8) orang tenaga kesehatan di antaranya meninggal dunia.

“Yang meninggal ada 8 orang. Itu jumlah dari tambahan kemarin yang wafat dari Puskesmas Megamendung dan RS Leuwiliang,” ungkap Mike.

Lima orang meninggal tercatat di tahun 2020. Tiga lainnya terjadi di tahun 2021 yakni Tata Usaha Puskesmas Bojonggede bernama Mursidah, perawat senior RSUD Leuwiliang bernama Teti dan ahli madya kesehatan Puskesmas Megamendung bernama Jamhuri.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedi Syarif menyebut jika para tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 terjadi hampir setiap hari.

“Setiap hari ada saja dokter, perawat maupun Nakes lainnya yang telah terpapar, mereka rata-rata terpapar karena daya imunitasnya menurun dimana mereka bisa dikatakan lelah dalam menangani Covid-19,” kata Dedi.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita imbau masyarakat terapkan Lima Saja. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan meningkatkan daya tahun tubuh dengan aktivitas olahraga, istirahat yang cukup dan memakan makanan yang bergizi seimbang,” jelas Dedi. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.