62 Petarung dari Lima Satlat Tarung Derajat Kabupaten Bogor Ikuti UKT dan Latih Tanding

Para atlet Tarung Derajat, jenjang usia dini, SD, SMP dari lima Satuan Latihan Tarung Derajat anggota Pengcab Kodrat Kabupaten Bogor, mengikuti upacara UKT dan Latih Tanding, di GOR Laga Satria Pakansari, Cibinong, sejak 25-26 Juni 2022. (Abriadi | Pakar)

CIBINONG – Sebanyak 62 petarung dari Satuan Latihan (Satlat) Tarung Derajat, se-Kabupaten Bogor, mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT), dari Kurata 1 ke Kurata 2, Kurata 2 ke Kurata 3, dan Kurata 3 ke Kurata 4, yang digelar Pengcab Kodrat, di Gelanggang Olahraga (GOR) Laga Satria, sejak 25-26 Juni 2022.

Selain UKT, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan Latih Tanding antar Satlat Tarung Derajat se-Kabupaten Bogor. Bahkan UKT dan Latih Tanding, dibuka langsung Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, pada Sabtu (25/6/22) lalu.

Kegiatan yang dilakukan Pengcab Kodrat tersebut, merupakan salah satu cara dalam pengembangan olahraga tarung derajat, dan sekaligus ingin membentuk calon atlet Kabupaten Bogor yang berprestasi. 

“Terima kasih kepada pihak panitia yang telah berusaha dan bekerja dengan segala keterbatasan, sehingga acara ini bisa terlaksana sesuai Program Kerja Pengcab Tarung Derajat Kabupaten Bogor yang selaras dengan Program Kerja Pancakarsa. Selamat datang juga terima kasih kepada para orang tua wali yang telah bersedia memberikan izin putra-putrinya untuk mengikuti acara hari ini,” kata Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan saat membuka acara.

Menurut Iwan Setiawan, bahwa menjadi anggota tarung derajat selain dapat memiliki ilmu beladiri, secara tidak langsung dapat belajar mengenai mental dan moral yang luhur, menghargai dirinya dan orang lain, lingkungan sekitarnya, serta dapat melestarikan seni bela diri asli Indonesia di Kabupaten Bogor. 

“Kami optimis dengan luas dan jumlah penduduk Kabupaten Bogor. Kita bisa melahirkan calon talenta muda, calon atlet berprestasi hingga atlet profesional dengan filosopi jadikanlah dirimu oleh diri sendiri,” kata pria yang juga tercatat sebagai Ketua Umum Pengcab Kodrat Kabupaten Bogor ini.

Dirinya juga berharap hasil dari kegiatan latihan gabungan, ujian kenaikan pangkat, latih tanding antar Satlat Tarung Derajat se-Kabupaten Bogor ini dapat melahirkan generasi baru, calon atlet berprestasi dan dapat mengembangkan olahraga tarung derajat agar terus berjaya tidak hanya di Kabupaten Bogor juga di seluruh penjuru Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengcab Kodrat Kabupaten Bogor, Entang Wihana, mengatakan, UKT ini merupakan syarat utama bagi semua atlet. Karena UKT itu wajib dan harus diikuti semua atlet untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi, seperti dari Kurata 1 naik ke Kurata 2, Kurata 2 naik ke Kurata 3, dan Kurata 3 ke Kurata 4. Sedangkan dari Kurata 4 ke Kurata 5 itu ranahnya Pusat.

“UKT ini wajib diikuti oleh atlet. Apalagi kami di Pengcab diberikan kewenangan Penuh oleh Pusat untuk menggelar UKT kepada semua petarung yang ada di Satlat binaan Pengcab. Oleh sebab itu kita menggelat UKT tersebut,” kata pria yang akrab disapa Itang itu.

Untuk diketahui bahwa Pengcab Tarung Derajat telah berupaya melakukan pengembangan olahraga bela diri di Kabupaten Bogor, dengan cara membuka satlat-satlat baru bekerjasama baik dengan instansi pemerintah, pendidikan juga pihak swasta, sebagai upaya untuk mencari bakat dan minat calon atlet tarung derajat berprestasi. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.