52 Warga Kota Bogor Meninggal Saat Sedang Isoman, Sehari Tim Pemulasaran Bisa Urus 8 Jenazah

Rino Indira Gusniawan. IST

BOGOR – Tercatat ada 6000 lebih warga Kota Bogor yang sekarang ini menjalani isolasi mandiri (isoman).

Namun, kondisinya mulai bertumbangan. Sedikitnya, ada 52 warga yang tengah melakukan isoman meninggal dunia usai dinyatakan terpapar Covid-19, dalam dua minggu terakhir ini.

Ketua Koordinator Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan menjelaskan, sejak Pemerintah Kota (Pemkot) membuka layanan hotline untuk melakukan pemulasaran jenazah Covid-19 pada Minggu (4-13/7/2021) sudah menangani 52 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia saat menjalani isoman di kediamannya masing-masing.

“52 Jenasah yang kita tangani. Kemarin saja 8 jenazah dalam 1 hari,” jelas Rino, Rabu (14/7/2021).

Selama PPKM Darurat di Kota Bogor, sambung dia, Tim Pemulasaran dibantu Polmas Bogor Raya, BPBD, PC NU, Baznas, Masjid Agung, bersama pihak-pihak lainnya dalam menangani jenazah yang meninggal saat isoman.

Meski kasus kematian karena isoman terus meningkat di Kota Bogor, sejauh ini pihaknya masih dapat menanganinya baik dari sisi pemulasaran atau saat pemakaman jenazah.

“Alhamdulillah masih kita bisa tangani, pekan kemarin kami juga melatih masyarakat tata cara pemulasaran pasien Covid-19,” terang Rino yang menjabat sebagai Dirut Perumda Tirta Pakuan ini.

Hal itu sangat membantu Pemkot Bogor ketika ada warga yang meninggal karena terpapar Covid-19. Sehingga, dapat ditangani tanpa khawatir terpapar virus corona.

Selain menyiapkan ketersediaan liang lahat di empat TPU yang ditunjuk khusus Covid-19, dirinya juga harus memastikan ketersediaan peti jenazah setiap harinya.

“Sampe hari ini kita telah siapkan 70 peti Jenazah,” ucap Rino.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjelaskan, tingginya kasus pasien isoman karena pada umumnya karena kondisi penurunan saturasi oksigen sehingga nyawanya tidak terselamatkan. =ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.