5 Hektare Lahan Disiapkan, Pasar Sukajaya Berdiri Satu Area dengan Kantor Polsek dan Koramil

Ilustrasi pembangunan pasar. IST

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk keperluan pembangunan pasar di wilayah Kecamatan Sukajaya.

“Lahannya sudah kami siapkan, tinggal nanti kesiapan-kesiapan yang lainnya untuk menunjang pembangunan,” ujar
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, Selasa (19/12/2023).

Burhan menjelaskan, nantinya Pasar Sukajaya tersebut akan berada dalam satu area dengan Kantor Polsek, Koramil, KUA, Lapangan Upacara dan Masjid Raya.

Lahan tersebut, kata dia, merupakan hibah yang didapat Pemkab Bogor dari salah satu perusahaan. Lahan itu berada di wilayah Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya.

Burhan menjelaskan, Pasar Sukajaya tersebut akan berfungsi sebagai tempat jual beli kebutuhan pokok masyarakat dengan skala desa atau kecil tidak seperti Pasar Leuwiliang atau pun pasar besar lainnya.

“Ini pasar desa ya. Kira-kira butuh sekitar 5.000 meter untuk pasarnya karena kan lahannya juga untuk kebutuhan yang lain. Seperti Polsek, Koramil dan lainnya,” jelas Burhan.

Dia memastikan jika pembangunan pasar tersebut masuk ke dalam salah satu prioritas pembangunan pengembangan wilayah Barat Kabupaten Bogor.

“Tinggal nanti dibuatkan site plannya, kemudian FS (Fasibility Study) dan DED (Detail Engineering Design),” terang Burhan.

Sementara, Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan, rencana pembangunan tersebut dikarenakan wilayah ini sangat membutuhkan pusat perbelanjaan seperti pasar untuk memenuhi bahan pokok masyarakat.

“Usulan ini sudah masuk ke kami karena memang sejauh ini masyarakat itu kalau belanja jauh ya harus ke Cigudeg,” kata Iwan.

Menurutnya, Pemkab Bogor sangat mendukung apa yang telah diusulkan tersebut. Hanya saja, tinggal bagaimana keseriusan pihak kecamatan untuk merealisasikan pasar di Sukajaya itu

“Jadi biar ekonominya di Sukajaya itu bergerak sendiri maka ini harus segera diusulkan,” jelas Iwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.