34 Ribu KK di Cianjur Belum Berlistrik

CIANJUR – Cabang Dinas ESDM Provinsi Jabar, Wilayah 1 Cianjur melakukan sosialisasi bagi petugas pendata inventaris rumah belum listrik yang ada di wilayah 1 Cianjur. Kegiatan tersebut di gelar di Aula Kantor PPK Pertanian Kecamatan Sukaluyu.

Analis Ketenaga Listrikan Seksi EKTL ESDM Wilayah 1 Cianjur, Firman Suharyadi mengatakan, Ini merupakan program dari Gubernur Jawa Barat. Di mana Gubernur Jabar ingin masyarakat Jabar sudah teraliri listrik semua.

“Kami dari dinas SDM provinsi Jabar Cabang Dinas Wilayah 1 Cianjur, pada tahun ini melaksanakan sosialisasi bagi para petugas pendata inventaris rumah belum listrik yang berada di wilayah 1 Cianjur,” kata dia.

Firman menyebut, sampai saat ini rasio elektrifikasi di Jabar sudah mencapai 99,97 persen, berarti tinggal 0,3 persen lagi.

“Makanannya kita sekali lagi pada tahun ini 2021, di mulai dari tahun 2019-2021 kita melaksanakan pendataan bagi inventaris rumah belum berlistrik,” katanya.

Ia menjelaskan, sosialisasi bagi para petugas dilakukan karena saat ini pihaknya menggunakan jasa dari para orang desa untuk mendata rumah yang belum berlistrik yang tidak mampu.

“Jadi mereka yang lebih tahu di lapangan. Kebetulan untuk pemasangan kita di tahun ini ditiadakan dulu karena ada Covid-19, jadi semua anggaran kita di alihkan ke Covid-19. Sebetulnya untuk tahun 2020 itu sudah mengganggarkan untuk 8.500 untuk dipasang,” ungkapnya.

Ia menuturkan, target dari hasil pendataan untuk wilayah Cianjur di mulai dari 2019-2020 sudah ada 34.000 kepala keluarga (KK) yang belum berlistrik.

“Kemudian sekarang di 2021 kita masih menunggu karena pendataannya baru akan di mulai pada bulan Mei mendatang,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.