310 Rumah di Purasari Leuwiliang Rusak Akibat Gempa, 500 Jiwa Butuh Tempat Pengungsian

Salah satu kondisi rumah di Cianten, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor yang rusak terdampak gempa bumi. IST

LEUWILIANG – Gempa bumi berkekuatan 4,6 Magnitudo yang berpusat di Sukabumi, Jawa Barat, mengakibatkan ratusan rumah di wilayah Cianten, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor rusak.

“Sementara hasil dari mapping yang kami lakukan saat ini di wilayah dusun 5 ada sekitar 154 rumah dan di dusun 6 ada 156 rumah. Total sementara ada 310 rumah yang rusak. Mulai dari dinding hingga jendela,” ungkap Kepala Desa Purasari, Agus Soleh Lukman kepada wartawan, Kamis (14/12/2023).

Agus menyebut, saat ini proses pendataan pun masih terus dilakukan bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dibantu para kepala dusun dan juta RT hingga RW.

“Kami sudah melakukan hal-hal yang perlu dilakukan. Mengevakuasi warga terdampak ke tempat yang lebih aman. Kami catat ada lebih dari 500 jiwa jiwa terdampak,” jelasnya.

Agus berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor segera memberikan bantuan kepada warganya. Musabab, kondisi belum aman. Rumah rusak juga tidak bisa ditempati untuk sementara waktu ini.

“Bantuan sudah kami usulkan seperti
tenda darurat ke pihak BPBD. Kami minta untuk disegerakan ada tenda darurat bersama kebutuhan lainnya termasuk terpal, dan sembako untuk warga disini,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu pemilik rumah yang terdampak, Herdiana berharap warga di wilayah Cianten ini menjadi salah prioritas yang diperhatikan.

Sebab, pria 29 tahun ini mengaku getaran-getaran seperti gempa ini kerap dirasakan oleh masyarakat.

“Harapan dari kami mungkin pemerintah secepat mungkin menangani korban-korban bencana khususnya Cianten secepatnya,” kata dia. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.