3.253 Anggota BPD di Bogor Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan Dua Tahun

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bogor, Reynaldi. Age|Pakar

CIBINONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor menyebut ada 3.253 orang anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) telah menerima surat keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan, pada Kamis (4/7/2024).

Hal itu disampaikan oleh Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Reynaldi bahwa 3.253 orang anggota itu terdiri dari 416 Desa yang ada di Bumi Tegar Beriman.

“Jumlah anggota BPD itu ada 3.253 orang dari
416 desa di Kabupaten Bogor. Dan mereka semua mendapatkan perpanjangan masa jabatan yang sama seperti kepala desa yaitu selama dua tahun,” katanya kepada PAKAR, pada Kamis 4 Juli 2024.

Ia menambahkan kalau Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah menyerahkan surat keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan ke 3.253 anggota BPD selama 2 tahun.

“Penyerahan SK perpanjangan masa jabatan anggota BPD itu sudah kita laksanakan kemarin dari Bupati, lalu diserahkan melalui para camat. Dan kewenangan bupati dan bpd dan jajarannya untuk melaksanakan legislasi yang diserahkan masa jabatan seluruh,” ungkapnya.

Reynaldi menuturkan bahwa dari jumlah anggota BPD sebanyak 3.253 orang di Kabupaten Bogor itu nilainya berbeda disetiap desa.

“Jumlah anggota BPD tiap Desa berbeda beda, ada yang 5 orang anggota, ada 7 orang anggota dan ada 9 orang anggota. Artinya jumlah anggota BPD setiap desa bervariatif, tergantung banyak-nya jumlah penduduk tiap desa,” tuturnya.

Meskipun begitu dirinya berharap dengan perpanjangan masa jabatan selama dua tahun ini, anggota BPD dapat memberikan peran untuk membantu Pemerintah Desa dalam menjalankan tugas mengawasi demi peningkatan lingkungan desa diwilayahnya masing-masing.

“Kita berharap bpd bisa melaksanakan peran dan fungsinya. Dan kita harap BPD juga bisa bersama sama membantu perangkat desa untuk mengawasi agar di setiap desa bisa lebih baik lagu. Dan kita pun berharap peran masyarakat juga bisa meningkat dan swadaya masyarakat yang didorong bpd,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.