28.500 Botol Dimusnahkan, Peredaran Miras di Kabupaten Bogor Masih Tinggi

Pemusnahan 28.500 botol miras di area Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memusnahkan sebanyak 28.500 botol minuman keras (miras) menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di kawasan Lapangan Tegar Beriman, Kamis (22/12/2022).

“Miras berbentuk botol, ada juga yang bentuk jeriken. Itu semua kami lakukan sepanjang operasi cipta kondisi dalam rangka menyambut perayaan kegiatan Nataru (Natal dan Tahun Baru),” ujar Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin memimpin pemusnahan.

Puluhan ribu botol miras tersebut diketahui meningkat dari tahun sebelumnya dalam momen yang bersamaan. Pada 2021 tepatnya 21 Desember, jumlah miras yang dimusnahkan Forkopimda tercatat sebanyak 2.123 botol.

Peningkatan peredaran miras ini juga diketahui tidak sejalan dengan semangat Kabupaten Bogor yang ingin mewujudkan daerah yang nyaman dan berkeadaban sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 81 Tahun 2021.

Dalam Perbup tersebut pada
Pasal 11 ayat 4 huruf b, disebutkan bahwa penertiban sebagaimana dimaksudkan pada ayat (1) huruf c, untuk penyedia usaha yang menyimpan, memproduksi, mengedarkan, menimbun dan mengoplos dan/ atau menyajikan minuman yang memabukkan atau berbahaya tanpa ijin dari pejabat yang berwenang. dilakukan penindakan berupa : 1. Proses yustisial; dan atau pemusnahan barang bukti.

Selain miras, Forkopimda Kabupaten Bogor dalam kesempatan itu juga memusnahkan sebanyak 343,8 gram tembakau sintetis.

“(pemusnahan) termasuk narkoba jenis tembakau gorila. Ini kami lakukan untuk menekan angka kriminalitas,” paparnya.

Ia berharap, dengan dimusnahkannya barang haram tersebut, mampu menurunkan angka kriminalitas pada rangkaian kegiatan Nataru.

“Mudah-mudahan dengan upaya pra kondisi yang kami lakukan, itu akan membantu menurunkan angka kriminalitas,” tandas Iman. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.