Samisade Cibitung Wetan Berhasil Majukan Ekonomi Pertanian

Kades Cibitung Wetan sedang menijau lokasi pembangunan jaling di kampung Gardu Raya Desa Cibitung Wetan. Firman | Pakar

PAMIJAHAN – Program Satu Milyar Satu Sesa (Samisade) menuju Kampung Gardu Raya dan Kampung Cibitung Muara Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, berhasil meningkatkan perekonomian dalam pertanian, serta membangun jalan lingkungan (jaling).

Dalam pembangunan tersebut pagu anggaran mencapai Rp378 juta yang digelontorkan oleh pemerintah Kabupaten Bogor kepada Desa Cibitung Wetan mampu memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Kepala Desa Cibitung Wetan Urip Iskandar mengatakan, dalam pembangunan jalan lingkungan (jaling) tersebut hasil dari musyawarah dusun (musdus) sehingga lokasi ini menjadi salah satu perencanaan dalam pembangunan dana samisade, tentunya untuk meningkatkan penghasilan para petani.

“Sebagai beser memang sudah majemuk, sebagai besar pertanian ini juga akses digunakan untuk pertanian, artinya kalo berbicara soal penghasilan masyarakat didominasi oleh pertanian, yang majemuknya hari ini ada yang PNS, TNI dan Polri, majemuknya didominasi oleh pertanian,” ungkapnya kepada Pakar Online, Kamis (14/10/2021).

Ia menjelaskan, dalam pembangunan samisade tentunya melibatkan masyarakat sekit yang cenderung berkompeten dalam bidang pembangunan. “Padat karya dengan pemanfaatan sumber daya manusia yang ada, pertukangan yang ada, sehingga kita tidak melibatkan pihak yang lain dan juga membantu perekonomian masyarakat yang berkehalianya di sektor itu,” ujarnya.

Ia berharap agar program samisade bisa berkelanjutan sehingga bisa memecahkan persoalan pembangunan di wilayah Desa terpencil. “Saya berterimakasih kepada ibu Bupati dan juga rekan media yang selalu mensosialisasikan terhadap masyarakat dalam pemanfaatan samisade, tentunya kami berharap samisade ini bisa berkelanjutan, karna bagaimana pun samisade ini pertama di Indonesia yang memiliki program tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, warga sekitar Ujang menyampaikan, dengan pembangunan tersebut tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat sehingga diharapkan agar bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

# “Tentunya pembangunan ini sangat bagus dan sangat mendorong pemulihan ekonomi untuk masyarakat, saya berharap agar bisa dilalui oleh kendaraan roda empat agar memudahkan masyarakat untuk mengangkut hasil tani,” singkatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.