200 Paud Siap Bentuk Pendidikan Inklusif, Disdik: Semua Punya Hak yang Sama

Ilustrasi Pendidikan Anak Usia Dini. IST

CIBINONG – Sebanyak 200 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Kabupaten Bogor dipersiapkan untuk memberikan pendidikan inklusif yang layak, berkualitas dan merata untuk anak usia dini.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Rony Kusmaya mengatakan, persiapan tersebut telah dimatangkan dalam Workshop Pendidikan Inklusif yang dilaksanakan pihaknya baru-baru ini.

“Pendidikan inklusif di kabupaten bogor alhamdulilah saat ini jumlahnya sudah mencapai 200 Paud. Dan untuk yang sudah menjadi BLUD, sekitar 42 Paud yang tersebar diKabupaten bogor,” kata Rony, Kamis (4/8/2022).

Dalam workshop tersebut, Rony menyebut bahwa penyelenggara Paud diberikan pemahaman pendidikan inklusif secara intens agar target dan tujuan bisa tercapai.

“InsyaAllah 200 paud ini siap dan kita yakinkan mempunyai dasar dalam rangka menerima siswa inklusif. Dan untuk kategorinya pun setiap sekolah harus mau untuk menerima siswa tersebut dan kita beri pemahaman lebih,” tuturnya

Rony menjelaskan, pendidikan inklusif merupakan upaya pemberian sistem layanan pendidikan kepada para siswa secara merata. Karena setiap orang berhak memiliki pendidikan yang layak seperti siswa normal lainnya dan tidak ada perbedaan segala hal.

“Sekolah tidak perlu harus malu dan harus mau untuk menerima. Karena pendidikan itu untuk semua bangsa dan bukan untuk yang normal saja, maka saya sudah jelaskan kepada mereka saat melalui workshop,” jelasnya.

Rony juga menerangkan jika pihak sekolah memberikan plang tertulis untuk penyelenggaraan anak inklusif, kita pastikan banyak anak peserta didik yang akan berbondong-bondong mendaftarkan anaknya.

“Untuk yang ekslusif ini memang sangat banyak, hanya saja tidak tertampung. Kita pun akan memberi persiapan untuk menanggapi anak-anak yang berkarakter dan bagaimana persiapan belajarnya untuk memulai dari sekarang,” pungkasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.