BPKAD Baru Cairkan Rp19 Miliar Anggaran SamiSade

Kepala BPKAD Kabupaten Bogor, Ade Jaya. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, baru mencairkan Rp19 miliar anggaran Satu Miliar Satu Desa (SamiSade) dari total keseluruhan Rp318,4 miliar yang digelontorkan Pemkab Bogor.

“Sejauh ini baru Rp19 miliar anggaran SamiSade kami cairkan. Itu untuk 54 desa,” ungkap Kepala BPKAD Kabupaten Bogor, Ade Jaya, Jumat (11/6/2021).

Jumlah 54 desa tersebut merupakan pencairan tahap pertama yang dilakukan BPKAD dari total 356 desa calon penerima anggaran SamiSade.

Kata Ade Jaya,proses pencairan dilaksanakan langsung melalui rekening desa.

“Proses itu dilakukan setelah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) memverifikasi proposal yang diajukan desa penerima Samisade,” jelas Ade Jaya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, ke 54 desa itu sudah bisa memulai pekerjaan sebagaimana pengajuan yang mereka lakukan pada tahap verifikasi.

“Kan ini sudah cair, otomatis rekening desa terisi. Sehingga setelah anggaran masuk sesuai SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dilakukan, maka mereka sudah bisa bekerja,” terang Renaldi.

Menurutnya, ke-54 desa ini merupakan mereka yang masuk dalam tahap pertama proses pencairan anggaran SamiSade.

Pada tahap pertama ini, sambungnya, Pemkab Bogor baru mencairkan anggaran sebesar 40 persen dari total anggaran SamiSade Rp318,4 miliar.

“Verifikasi kepada 54 desa ditahap pertama ini sangat lah ketat. Tidak sembarangan kami berikan persetujuan, karena harus dilihat dulu program pekerjaan yang diajukan,” jelasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.