125 Kuburan Belum Dibebaskan, Proyek Bendungan Sukamahi dan Cipayung Bakal Tidak Tepati Target

Ilustrasi lahan kuburan. IST

MEGAMENDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) menargetkan dua bendunga di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Bendung Sukamahi dan Bendung Cipayung selesai pada pertengahan tahun 2021 ini.

Namun, rencana ini rupanya akan masih terganjal beberapa persoalan diantaranya soal lahan kuburan di Kampung Pasir Kalong, Desa Sukakarya, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Sukakarya, Hasan Sukandi mengatakan, ada 125 kuburan masih menjadi kendala pembebasan, karena dari 22 ahli waris ada sebagian masih bersikukuh tidak ingin lahan kuburan ini dipindahkan.

“Sekitar 18 ahli waris sebenarnya sudah setuju, tapi tetapkan satu tidak setuju juga akan menjadi hambatan,” ujar Hasan Sukandi kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Saat ini proses mediasi masih terus dilakukan baik dari desa maupun RT, RW dan Kadus.

Dari 18 yang sudah setuju baru 5 ahli waris yang sudah membuat surat pernyataan,”Ahli waris yang setuju harus dikuatkan dengan surat pernyataan, saat ini baru 5 yang sudah buat surat pernyataan,” jelasnya.

Luas lahan kuburan tersebut mencapai kurang lebih 500 meter. Upaya-upaya agar persoalan ini terus dilakukan dengan cara musyawarah

Sementara, Camat Megamendung, Eris Rismawan mengatakan, ia meminta persoalan lahan kuburan ini segera diselesaikan dengan jalan musyawarah.

“Ini kan proyek Nasional, harus kita dukung agar semuanya berjalan dengan baik,” ujar Eris

Kalaupun ada persoalan segera berkoordinasi dengan pihak-pibak terkait.

“Saya sih ingin persoalan ini selesai dengan cara hasil musyawarah, dan tidak ada yang dirugikan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.