1205 Bidang Tanah di Desa Cimanggu II Sudah PTSL, Ini Jumlah Sisanya

Inilah lahan yang berada di Desa Cimanggu II dan sudah disertifikasi program PTSL. Jefry | Pakar

CIBUNGBULANG – Dari seluas 3200 bidang tanah Warga di Desa Cimanggu II, Kecamatan Cibungbulang, tercatat baru 1205 bidang saja ditahun 2021 yang di ikut sertakan pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Senan Kepala Desa Cimanggu II membenarkan, Sampai awal Januari 2022 kemarin berkas tanah milik warga yang sudah masuk ke desanya untuk di ikut sertakan PTSL hampir 2000 berkas.

“Sementara untuk kuota PTSL di desa kami tahun 2021 kemarin mencapai kurang lebih 2000 bidang. Namun yang sudah masuk dan sedang dalam proses pemberkasan sebanyak 1205 bidang.”kata Senan Kepala Desa Cimanggu II kepada Pakar Online.

Lanjut Senan, karena kuota PTSL untuk Desa Cimanggu II sebanyak 2000 bidang, sehingga dari 1205 berkas yang sudah masuk dan sedang dalam proses pemberkasannya, dinyatakan masih kurang 800 berkas lagi. “Mudah mudahan pada akhir Januari 2022 nanti, untuk berkas PTSL 1205 bidangnya bisa selesai dan bisa diserahkan kepada warga,” bebernya.

Masih kata Kades, program PTSL ditahun 2021 ini ada kebijakan dari pemerintah yakni diantaranya dtiadakannya adanya istilah persyaratan tiga serangkai yakni tidak perlu LETER C, tidak perlu Surat keterangan tidak sengketa serta tidak perlu Surat Riwayat Tanah.

“Jadi Cukup SPPT atas nama pemilik sesuai KTP dan KK. Jadi kini untuk persyaratan Lahan yang akan diajukan pada Pendaftaran Tanah Sistematis Lahan sudajh praktis dan mudah,” ungkapnya.

Sebenarnya tambah Kades Senan, di Cimanggu II ada 3200 bidang tanah diluar perumahan yang belum memiliki Sertifikat. “Diharapkan PTSL di tahun 2022 ini bisa berkelanjutan di Desa kami,” tandasnya.

Suherman warga yang luas bidang lahannya di ikut sertakan dalam program PTSL Desa Cimanggu II menyatakan rasa harunya, mengingat status lahannya yang selama bertahun tahun hanya memiliki tanda Bukti SPPT saja, kini resmi akan memiliki sertifikat.

“Alhamdulilah tanah warisan dari mendiang ayah dan kakek saya ini yang selama berpuluh puluh tahun hanya memiliki tanda bukti SPPT saja, sebentar lagi akan bersertifikat,” harunya. JEF

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.