114 Warga Terdampak Pipa Gas Bocor Pabrik Es Kristal

0
121

BOGOR – Jumlah korban terdampak kebocoran pipa gas CV. Indo Kristal Bogor di Kecamatan Gunung Sindur mencapai 114 orang. Sebanyak 113 warga Desa Curug, Kecamatan Gunungsindur, dan seorang merupakan warga Desa Waru, Kecamatan Parung.

Hal itu terungkap saat diadakan perempuan antara masyarakat, pemdes setempat dan Muspika Gunungsindur, Senin (21/1/2019).

Pascakejadian, warga mengalami trauma, kuatir peristiwa berulang. Mereka pun menuntut pihak perusahaan bertanggung jawab, dan menghentikan aktifitasnya atau dialihkan jenis usahanya.

“Setelah pipa gas mengandung zat kimia bocor, warga takut akan ada bahaya lebih besar yang sewaktu-waktu bisa muncul,” ungkap tokoh pemuda Desa Curug, Eman.

Kepala Desa Curug, Edi Mulyadi meminta CV. Indo Kristal Bogor membuat pernyataan tertulis perihal pertanggung jawaban terhadap para warga yang menjadi korban.

Dia juga menyatakan segera membentuk tim bersama instansi terkait untuk menyelesaikan masalah ini.

“Saat ini aktifitas di perusahaan sudah dihentikan sementara. Sambil menunggu proses penyelesaian tuntutan warga, dan penanganan dampak kecelakaan sesuai tuntutan warga.” Jelasnya.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Gunungsindur AKP Suharto menerangkan, bahwa peristiwa bocornya pipa gas amonia CV. Indo Kristal Bogor merupakan sebuah bentuk pidana. Sebab sudah merugikan masyarakat dan menimbulkan banyak korban.

“Ini sudah tindakan pidana sesuai landasan hukum UU Nomor 23 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup,” terangnya.

AKP Suharto mengatakan, pihaknya sudah melakukan tindakan refresif dengan memasang garis polisi di lokasi agar steril.

“Kami juga sudah melakukan pemeriksaan dan penanggulangan dampak peristiwa tersebut. Bahkan peristiwa ini sudah menjadi atensi Mabes Polri, dan tim Puslabfor juga akan datang ke sini,” tandasnya.

Perwakilan CV. Indo Kristal Bogor, Heru mengatakan siap mempertanggungjawabkan semua dampak dan konsekuensi akibat bocornya pipa gas.

“Kecelakaan tersebut tidak disengaja dan perusahaan sendiri belum ada aktivitas produksi,” timpal Efendi, pengelola perusahaan.

Diberitakan sebelumnya, pipa gas CV. Indo Kristal Bogor di Kampung Poncol RT 01/01 Desa Curug, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Sabtu (19/12019) sore, mengalami bocor.

Situasi tersebut sempat membuat warga setempat panik, apalagi bocornya gas tersebut memunculkan bau menyengat dan mengganggu pernafasan.

MJ. FAHRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.