Kemenpora Nilai PPLPD Kabupaten Bogor Terbaik di Tanah Air

by Achmad Kurniawan 671 views

PAKAR ONLINE - CIBINONG - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), telah menetapkan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Bogor sebagai yang terbaik di tanah air.

Penilaian sebagai pusat pembinaan olahraga terbaik di tanah air  dilihat dari fasilitas, dan tenaga sumber daya manusia, yang mumpuni di kampus yang terletak di Karadenan Cibinong tersebut.

Disamping itu, hanya PPLPD Kabupaten Bogor yang berdiri sejak 2011 mempunyai  program kesamaptaan yang diterapkan kepada 150 atlet pelajar yang menghuni wisma Kampus Ksatria Arena.

"Keberadaan PPLPD juga ikut mendongkrak prestasi olahraga pelajar di Kabupaten Bogor. Hal itu bisa terlihat dari pencapaian raihan medali dari tiap pelaksanaan Popda Jawa Barat yang digelar dua tahun sekali," ujar Kepala  UPT Peningkatan Prestasi Olahraga Pelajar (PPOP), pada Dinas Pemuda dan Olahraga Elwi Sulistianto, kepada PAKAR ONLINE, Senin (9/1/2017).

Elwi menambahkan, Kontingen Kabupaten Bogor pada Pekan Olahraga Pelajar Jawa Barat tahun 2012 menduduki peringkat kelima dengan raihan medali 14 emas, 33 perak, dan 17 perunggu. Selanjutnya, tambah Elwi, pada Popda Jabar tahun 2014, Kontingen Kabupaten Bogor langsung merangsek ke peringkat dua, dengan pencapaian 29 emas, 19  perak, dan 25 perunggu.

Sedangkan pada saat Popda Jabar 2016 yang digelar di Kabupaten Bogor, Kontingen 'Bumi Tegar Beriman' berhasil meraih pencapaian medali yang lebih banyak lagi  yakni 54 emas, 35 perak, dan 38 perunggu, hanya beda empat emas dari Kontingen Kota Bandung yang menjadi juara umum dengan koleksi 58 emas, 45 perak, dan 50 perunggu.

"Secara signifikan, dan realita yang ada, keberadaan PPLPD Kabupaten Bogor ini  ternyata telah memberikan peran nyata bagi peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Bogor," sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Ade Hasrat  mengaku bangga, dan kagum dengan apa yang telah diraih para atlet PPLPD Kabupaten Bogor selama ini.

"Kami di Dispora Kabupaten Bogor akan terus mensuport, dan mendukung program pembinaan, serta tata kelola olahraga yang dilakukan PPLPD Kabupaten Bogor. Apalagi di PPLPD benar-benar mengutamakan potensi atlet lokal," ucap Ade. ABRIADI SITORUS (PAKUAN RAYA)