PASI Siapkan Pengganti Hendro Yap

by Achmad Kurniawan 168 views

PAKAR ONLINE - CIBINONG - Wacana regulasi batasan usia atlet yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat 2018, tak menjadi kekhawatiran bagi Pengurus Cabang (Pengcab) Olahraga Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Bogor, karena seluruh atlet masih usia produktif.

Dikatakan Pelatih Pengcab PASI Kabupaten Bogor, Suktikno, bahwa pihaknya tidak khawatir dengan adanya wacara regulasi batasan usia untuk atlet yang akan bertanding di Porda XIII Jawa Barat 2018, sebab atlet PASI, sejauh ini masih tergolong produktif. Hanya saja, kata dia, kalau memang regulasi itu keluar, tentunya akan ada atlet yang dirugikan, seperti Hendro Yap. Dan itu dipastikan tidak bisa mengikuti pertandingan di Porda, karena terbentur batasan usia yang sudah hampir jalan 26 tahun.

"Adanya regulasi batasan usia tersebut bagi atlet, tidak membuat kami khawatir. Kami masih memiliki atlet-atlet muda yang berpotensi besar dalam memberikan kontribusi medali bagi tuan rumah, dalam mewujudkan Kabupaten Bogor Kahiji," ujar Sutikno kepada PAKAR ONLINE, Senin (9/1/2017).

Namun kata Sutikno, apakah regulasi ini hanya di Jawa Barat saja, atau secara nasional, sebab kalau secara nasional, tentunya Pengcab PASI akan mengikuti regulasi tersebut. Tetapi kalau sebatas Porda, akan jadi pertanyaan juga bagi pengcab-pengcab yang ada di Kabupaten Bogor. Sementara perhelatan Porda sudah di depan mata, pastinya mulai dari sekarang akan lebih keras lagi dalam menentukan atlet yang berpotensi besar dalam memberikan kontribusi medali.

"Kalau Hendro Yap, kita sudah tidak meragukan lagi, karena dia memang sudah menjadi atlet Nasional. Bahkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 lalu, dia berhasil menyumbangkan dua medali emas bagi Jawa Barat, dari nomor 10 ribu, dan 20 ribu meter jalan cepat. Artinya kalau memang tidak bisa ikut, kerugian pastinya bagi PASI Kabupaten Bogor," terang Sutikno.

Untuk atlet yang tidak bisa ikut, kalau terbentur regulasi dari pusat, kata Sutikno, sudah pasti Hendro Yap tidak akan bisa membela tim atletik Kabupaten Bogor. Namun kalau regulasi itu sebatas untuk Jawa Barat, sebagai tuan rumah Porda, PASI Kabupaten Bogor, berhak mengikutsertakan Hendro bertanding.

Jika regulasinya secara nasional, mau tidak mau Hendro Yap tidak bisa ikut, karena terbentur usia. Tapi untuk penggantinya PASI sudah mempersiapkan atlet yang memang masih produktif.ABRIADI SITORUS (PAKUAN RAYA)