Hadapi Kualifikasi Porda, POSSI Kota Bogor Bentuk Tim Pelatcab

by Achmad Kurniawan 256 views

PAKAR ONLINE - BOGOR - Menatap prestasi pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat 2018, maupun event-event resmi, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Bogor, kini tengah fokus memprogramkan persiapan babak kualifikasi Porda XIII 2017, dengan cara membentuk tim pelatcab bayangan 200 persen, mengiventarisir pelatih, dan atlet, menyusun rencana program latihan, serta mengadakan seleksi babak II tim BK Porda. Hal itu dilakukan untuk lebih memajukan olahraga selam di Kota Bogor.

Selain itu, POSSI juga sedang fokus untuk program kerja 2017 hingga 2020, dengan berupaya mengadakan sosialisasi olahraga selam di Kota Bogor, baik audensi dengan pihak pemerintahan, sekolah-sekolah, menyelenggarakan pelatihan senam dasar, dan pelatihan scuba, serta sasaran utama dalam pembinaan pelatihan senam dasar tersebut lebih kepada siswa-siswi, mulai dari SD, SMP, maupun SMA. Namun untuk saat ini masih lebih difokuskan tingkat sekolah negeri.

Dikatakan Ketua Pengcab POSSI Kota Bogor Letkol Chb Pusdik Surya Kencana, William Prayono, program jangka panjang wajib dilakukan, baik itu seleksi atlet, maupun pelatih. Karena ini juga, sambung dia untuk kemajuan olahraga selam, khususnya di wilayah Kota Bogor.

"Seleksi atlet harus dilalukan mulai dari sekarang, mengingat waktu pelaksanaannya sudah di depan mata. Tapi sebelum Porda digelar, tenyunya POSSI, akan menyelenggarakan Kejurda, untuk lebih mengetahui peta kekuatan atlet-atlet daerah yang ada di Jawa Barat. Bahkan juga akan mengikuti Kejurnas, dan event-event lainnya, supaya persiapan lebih maksimal," kata William Prayono kepada PAKAR ONLINE.

Dijelaskan Letkol William Prayono, bahwa sekarang ini POSSI memiliki beban berat, dalam mencapai prestasi di bidang olahraga selam. Itu sebabnya, POSSI sedang berlari kencang untuk menggapai cita-cita dalam mewujudkan Kota Bogor Kahiji di event empat tahun sekali ini.

Akan tetapi jika melihat kesiapan atlet sudah tidak diragukan lagi, karena di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 lalu, POSSI Kota Bogor mampu menyumbangkan medali bagi tuan rumah Jawa Barat. Artinya, mereka telah membuktikan prestasi, baik dalam pembinaan, maupun pola pelatihan yang diberikan kepada atlet.

"Kita berharap POSSI Kota Bogor untuk masa bakti 2017-2020 bisa lebih solid dalam membantu kinerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam memberikan kontribusi medali bagi Kota Bogor di setiap event-event resmi, khususnya di bidang olahraga selam," terangnya.

Hal yang sama diutarakan Ketua Harian POSSI Kota Bogor Hadid, bahwa pihaknya sekarang sedang fokus melakukan program jangka panjang, baik untuk atlet maupun di kepengurusan POSSI, sebab ini bagian terpenting dalam mewujudkan Kota Bogor berjaya di perhelatan Porda.

"Kami tidak terlalu khawatir terhadap regulasi yang dikabarkan akan ada batasan usia. Tapi untuk POSSI Kota Bogor, tidak menjadi masalah, karena memang atletnya masih tergolong muda. Itu sebabnya di Porda nanti, POSSI menargetkan minimal dua medali emas," tuntasnya. ABRIADI SITORUS (PAKUAN RAYA)