Sarung Tinju Emas & Bupati Cup Jadi Ajang Pencarian Petinju Muda

by Achmad Kurniawan 216 views

PAKAR ONLINE - BOGOR - Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Jawa Barat, Sumiati, menginginkan pada Kejuaraan Sarung Tinju Emas (STE), dan Piala Bupati Bogor Cup 2017, yang akan digelar di Gedung Kesenian Cibinong, Kabupaten Bogor, mulai 10 hingga 15 Januari ini, seluruh peserta bisa menjunjung tinggi sportivitas selama bertanding.

Selain itu di dua kejuaraan ini khususnya Pertina di wilayah Jawa Barat, mampu melahirkan petinju-petinju yang andal, dan  profesional, untuk memperkuat tim Jabar pada Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Dikatakan Sumiati, kejuaraan STE, dan Bupati Cup 2017, merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan, dimana Jawa Barat kembali dipercayakan sebagai tuan rumah, kendati perhelatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Bogor. Pelaksanaan itu juga bagian dari pencarian petinju-petinju andal yang ada di wilayah Jawa Barat, baik tingkat STE, maupun Bupati Cup, karena dari kedua kejuaraan tersebut akan lahir petinju-petinju muda, untuk memperkuat Pertina Jabar.

"Kita cukup bangga STE bisa kembali digelar di Kabupaten Bogor, dan itu merupakan salah satu prestasi yang sangat baik, yang telah ditunjukan Jabar terhadap dunia olahraga tinju, apalagi sekelas STE," ujar Eneng, sapaan karib Sumiati kepada PAKAR ONLINE.

Dijelaskan Ketua DPC Partai Hanura Kota Bogor ini, bahwa selain kejuaraan STE, dan Bupati Cup, dalam pelaksaan itu akan ada pelantikan, serta pengukuhan pengurus Pertina Kabupaten Bogor. Artinya ada dua moment yang akan berlangsung di event tersebut, dan pelatikan pengurus pertina Kabupaten Bogor, nantinya diharapkan bisa memajukan dunia olahraga tinju untuk Jawa Barat.

"Saya melihat kepengurusan Pertina Kabupaten Bogor, selama ini sangat baik, bahkan petinju junior mereka juga sudah mengikuti, bahkan mewakili Indonesia, mengikuti kejuaraan tinju dunia di Rusia. Berarti pembinaan yang dilakukan sangat baik terhadap petinju-petinjunya," terang anggota DPRD Kota Bogor ini.

Pelaksanaan kejuraan STE, dan Bupati Cup, kata Eneng Sumiati, bagian dari pencarian atlet-atlet muda yang memang memiliki potensi bagi Jawa Barat, guna menatap PON Papua 2020 mendatang. Sehingga dari sekarang ini sudah mulai dilakukan pencarian petinju muda, apalagi petinju-petinju di Kabupaten Bogor juga sangat bagus-bagus, bahkan di PON Jabar lalu mereka cukup besar memberikan kontribusi medali bagi tuan rumah.

"Tentunya untuk Jawa Barat kiblatnya tinju bisa dikatakan dari Kabupaten Bogor. Kita fokuskan mencari atlet muda, apalagi ada regulasi baru, mengenai batasan usia, oleh karena itu di PON Papua 2020, Jabar sudah memiliki petinju-petinju muda, yang memiliki karakter juara," tuntasnya. ABRIADI SITORUS (PAKUAN RAYA)