Ponpes Darussalam Gelar UKT Beladiri Merpati Putih 

by Ali Simon 1440 views

CIBINONG - Sebanyak 1.500 santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam yang berlokasi di Desa Koposari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, melakukan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) perguruan beladiri Merpati Putih Cabang Kabupaten Bogor, pada Minggu (18/12) lalu.

UKT yang digelar rutin setiap tahunnya itu, diikuti bukan hanya oleh santri dari Ponpes Darussalam saja, namun peserta dari berbagai Kolat se-Kabupaten Bogor turut meramaikan jalannya UKT. 

"UKT diawali dengan upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan ujian tulis, dan jurit malam 10 Km dengan penempatan 4 Pos pengujian yakni Filosofi, Tata Gerak dan Bimbingan Mental," kata Sulistianto, Kepala Cabang perguruan Merpati Putih Kabupaten Bogor kepada PRO, kemarin. 

Selain itu, imbuh Sulistianto, para peserta UKT juga mengikuti tahap ujian penghancuran benda keras dengan posisi mata tertutup dengan dilanjutkan upacara penutupan. "Semua santri mengikuti ujian tersebut," tutur Sulistianto. 

Ponpes Darussalam Koposari sebuah pesantren yang juga merupakan pendidikan formal SMP dan SMA Plus. "Kami ingin mencetak generasi Islami yang kuat Iman, Islam dan Ilmu pengetahuan dan teknologi," kata pengasuh Ponpes Darussalam, KH Yadi Suryadi. 

Ia menambahkan, semua santri di Ponpesnya, diberikan nilai tambah pendidikan selain pendidikan formal yaitu berupa ilmu agama dan ekstra kurikuler wajib seperti beladiri Merpati Putih di bawah bimbingan H. Sulistianto, H. Budi, Ajat & para senior Merpati Putih Cabang Kabupaten Bogor. 

"Selain Ekstra Kurikuler Beladiri, Ponpes ini juga mmiliki eskul lain seperti leadership, qiroatul kutub, prakarya memanah, qosidah hadrah, mahasiswa dan pidato," pungkasnya. ALI (PAKAR)