Ini Upaya Disdukcapil Cianjur Berantas Pungli

by Achmad Kurniawan 1940 views

CIANJUR - Enam unit kamera pengintai atau cctv akan dipasang di lingkungan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur untuk memantau pergerakan pungutan liar.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar mengemukakan, kamera pengintai itu nantinya akan dipasang di sejumlah titik,
mulai dari ruang pelayanan, petugas, sekretariat, dan titik lainya.

Dia tidak menampik adanya pandangan jika dinas yang bersentuhan dengan pelayanan publik sangat rentan tindak pungli.

Disamping lantaran adanya calo, kebiasaan warga untuk instan menjadi peluang bagi oknum tersebut.

"Sekarang sudah kami upayakan penindakan dan menginstruksikan petugas melakukan pungli. Tapi masih adanya warga yang ingin instan dengan menitip pada calo membuat aksi tersebut masih ada. Dan itu di luar tanggung jawab kami, sebab pihak luar," katanya kepada PRO, kemarin.

Menurut dia, pihaknya juga sudah mengeluarkan himbauan kepada warga yang akan membuat identitas diri agar mengurus sendiri, dan petugas pun ditegaskan untuk tidak menerima pembuatan melalui perantara. 

"Itu juga kami sosilisasikan dalam agenda Cianjur Syiar Saba Lembur. Pihak kecamatan dan desa juga diarahkan untuk tidak melakukan pungutan," imbau Kadisdukcapil.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, menuturkan, pihaknya
akan terus menberantas kasus pungli di Kabupaten Cianjur. 

Bahkan dia sendiri akan melaporkan kepada pihak kepolisian jika ditemukan adanya upaya pungli.

"Bukan hanya oleh warga, saya sendiri akan turut mengawasi dan melaporkan untuk kasus pungli. Makanya ditegaskan di Cianjur jangan ada pungli lagi," tandasnya. SYA (PAKAR)