Pembangunan Waduk Ciawi Mulai Berjalan, Desa Cipayung Ajukan Berkas Pembebasan Lahan ke BPN

by moun 2648 views

MEGAMENDUNG – Ratusan hektar lahan warga di dua Kecamatan Megamendung dan Kecamatan Cisarua dalam waktu dekat sudah dipastikan akan dibebaskan untuk proyek waduk Gadog dan Sukakarya. Namun, dari enam desa yang yang lahannya akan dibebaskan baru satu desa yang sudah diajukan ke Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor. Sementara, lima desa yang lainnya masih belum jelas.

Camat Megamendung, Hadijana mengatakan, Desa Cipayung yang terkena pembebasan terluas di Kecamatan Megamendung hampir dipastikan akan dibebaskan lebih awal. Mengingat semua lahan di desa tersebut sudah diajukan ke BPN secara dua tahap.

"Tahap satu sebanyak 34 bidang, dan yang tahap kedua 153 bidang lahan masyarakat Desa Cipayung Datar yang sudah masuk ke BPN. Artinya lahan Desa Cipayung yang akan lebih dulu dibebaskan," ujar Hadijana kepada PRO di kantornya, kemarin.

Menurut dia, Cipayung Datar memang harus lebih dulu mengajukan bidang lahannya. Mengingat di desa ini akan menjadi akses masuk ke proyek waduk. "Dan informasi yang diterima, sekarang untuk akses masuk tersebut sudah dilelangkan," terangnya.

Lanjut dia, setelah tim apresial menentukan harga, proses pembayaran, kata dia, akan disesuaikan dengan anggaran yang ada terlebih dahulu. Dan anggaran yang tersedia untuk tahap pertama yaitu sebesar 21 miliar rupiah.

"Pembayaran lahan warga disesuaikan dengan anggaran yang ada terlebih dahulu," ungkapnya.

Sementara, untuk Desa Gadog tepatnya di Kampung Pasir Purut, sejumlah warga yang akan terkena pembebasan meminta untuk direlokasi, "Memang info terakhir ada ratusan Kepala Keluarga yang memiliki lahan dan akan dibebaskan meminta untuk direlokasi," bebernya YUS (PAKAR)