Gua Walet Desa Cibodas Jadi Wisata Unggulan

by moun 3274 views

JONGGOL - Gua walet keberadaannya  sudah ada sebelum pra sejarah yang berlokasi di Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol.Gua tersebut diprediksi akan menjadi salah satu  objek  wisata ungulan. hal ini dikemukakan Camat  Jonggol Beben Suhendar ketika mendampingi dari tim ahli gua dan sejarah untuk melakukan penelitian akan  keberadaan Gua Walet.

"Gua Walet  sangat indah sekali,dapat menjadi bagian dari asset kecamatan  dan akan menjadi wisata unggulan," kata Beben kepada PRO, kemarin.

Menurut mantan Camat Cileungsi, pengembangan  objek wisata Gua Walet  akan terus dikembangkan. Hal ini terlihat dengan keseriusan pihak kecamatan dan Yayasan Kampung Sunda selaku pengelolah gua sengaja   mendatangkan  para ahli peneliti gua dan sejarah untuk mengetahui akan keberadaan Gua Walet tersebut.

"Jika dijadikan Gua Walet jadi lokasi wisata, diyakini akan meningkatkan ekonomi kreatif dan sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Pihak kami juga  merencanakan Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol  akan dijadikan menjadi desa Sunda," terangnya.

Sementara itu, Tenor, perwakilan Yayasan pengelolah Gua Walet ketika dikonfirmasi menjelaskan, konon dari cerita tokoh masyarakat Desa Cibodas, Gua Walet tersebut merupakan salah tempat pertapahan dari persinggahan dari  Raja   Prabu Siliwangi di Jawa Barat. "Direncanakan Gua Walet tersebut  akan dibuka untuk umum awal januari tahun 2017," terangnya. SES (PAKAR)