Lima Mahasiswa Unpak, Ikut Program Permata Nusantara

by moun 1303 views

BOGOR - Lima mahasiswa Universitas Pakuan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (Permata) Nusantara yang diselenggarakan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Kelima mahasiswa tersebut disebar ke sejumlah perguruan tinggi swasta se Indonesia untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester dan belajar kebudayaan dan kearifan lokal setempat. Mereka yang mengikuti program tersebut mendapat pembekalan dari Rektor Universitas Pakuan Dr Bibin Rubini di Aula Rektorat Unpak Kamis (6/10) kemarin.

"Merupakan kebanggaan bagi kami bisa mengirimkan mahasiswa kami ke PTS yang ada di wilayah Barat dan Timur. Karena Kopertis wilayah IV Jabar hanya memberikan kepercayaan kepada empat PTS di Jabar yakni Unpas, Unisba, Unswagati Cirebon dan kita untuk ikut program ini," jelas Bibin kepada PRO di lokasi.

Bibin meminta para mahasiswa Universitas Pakuan tersebut tidak hanya kuliah semata, tetapi juga mempelajari adat istiadat dan budaya setempat. "Ini kesempatan langka kalian bisa mengenal Indonesia dengan keragaman budaya nya. Belajar yang tekun, bergaul dengan lingkungan kampus setempat dan jaga nama baik almamater," pesan Bibin.

Kelima mahasiswa Unpak tersebut adalah Dika Adi Wibowo, dari Program Studi Ilmu Komputer FMIPA akan belajar di Stikom Bali, Apen Mulyana dari Ilmu Komunikasi ke Universitas Pendidikan Nasional Bali, Veny Ruth JM Pardosi, dari Teknik Geologi ke Institut Teknologi Medan, G. Adi Kuncoro dari PGSD ke STKIP Adzika Padang dan Anjani Fitriana, dari Sastra Inggris ke Univesitas Darma Agung, Medan.

Sebelum mendapat pembekalan dari Rektor Unpak, kelima mahasiswa tersebut bersama 15 mahasiswa lainnya dari Unisba, Unpas, Unswagati mendapat pengarahan dari Koordinator Kopertis Wilayah IV Prof Dr Abdul Halim Hakim di Bandung Selasa (4/10) lalu.

"Kalian semua adalah mahasiswa pilihan. Tunjukkan di kampus Anda belajar nanti prestasi Anda. Yang terbaik dari program ini akan kita ikutkan ke program pertukaran mahasiswa ke luar negeri," paparnya. BAL (PAKAR)