Sumbang Kemacetan, DLLAJ Serine Taksi Plat B

by moun 2661 views

BOGOR - Menjamurnya taksi berplat B (Jakarta) ngetem di Kota Hujan, bakal diselesaikan oleh Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor. 

Sebab, taksi itu seharusnya melayani antar dan jemput penumpang, namun banyak sopir taksi asal Jakarta yang kerap ngetem di beberapa ruas jalan untuk mencari penumpang seperti dipintu masuk Tol Jagorawi, Jalan Raya Pajajaran, dan lainnya.

"Kami akan selalu mengawasi operasi taksi berplat B itu, agar tidak terlalu numpuk di Kota Bogor. Jika masih saja ada yang membandel, maka kita akan mengemboknya sesuai aturan yang ada," kata Empar Suparta, Kasi Pengendalian dan Penertiban (Daltib) DLLAJ Kota Bogor kepada PRO, kemarin. 

Empar menjelaskan, bahwa program taksi berplat F sebenarnya sempat digulirkan oleh Pemkot Bogor pada tahun 2013 lalu, untuk mengurangi jumlah taksi berplat B. Bahkan, tujuannya taksi F itu, supaya taksi Plat B tak bisa beroperasi di wilayah Kota Bogor.

"Sosialisasi sudah disampaikan waktu itu, namun hingga kini program tersebut berjalan mandek. Padahal kuota yang disediakan untuk taksi berplat F jumlahnya antara 30-40 armada," imbuhnya. 

Menurutnya, bahwa persoalan banyaknya taksi berplat B itupun merupakan salah satu penyebab kemacetan di Kota Bogor. "Taksi itu sering ngetem di badan jalan sehingga mengganggu arus lalin. Terkadang kita juga tertibkan taksi-taksi tersebut. Apalagi mereka yang tidak memiliki kelengkapan surat, ya kita tindak tegas," pungkasnya. YUL (PAKAR)