BPBD Kota Bogor Enggan Kerja Sendirian

by 5655 views

BOGOR–Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor menginginkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan maupun pasca terjadinya bencana.

Mewujudkannya, BPBD menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Kota Bogor Tahun 2016 di Cico Resort Cimahpar, Rabu (24/8)/2016.

Sekdakot Ade Sarip Hidayat yang secara resmi membuka sosialisasi mengungkapkan segala program dan kegiatan yang dicanangkan Pemerintah Kota Bogor tidak akan terwujud tanpa bantuan masyarakat di wilayah.

”Diharapkan kelurahan mampu memiliki kemandirian menghadapi dan menangani bencana serta memiliki kemampuan memulihkan diri pasca bencana,” ujarnya.

Tujuan lain yang ingin dicapai, sambung Ade, agar wilayah memiliki kemampuan untuk mengetahui potensi dan mengkoordinir warga beserta sumber daya wilayahnya dalam menghadapi  bencana.

 “Disamping tindakan preventif, diharapkan juga wilayah mampu mengevaluasi kondisinya masing-masing sehingga mampu untuk memberdayakan kelurahan dan ketangguhan masyarakat menghadapi bencana,” terangnya.

Kepala BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan dalam laporan menyampaikan sosialisasi kelurahan tangguh bencana bertujuan memberikan perlindungan bagi masyarakat terhadap bencana.

Untuk tahap awal sebanyak 110 desa/ kelurahan di 50 kota/ kabupaten yang tersebar di 30 provinsi dipilih sebagai desa/ keluarahan tangguh bencana. Kelurahan/ desa tangguh terbagi dalam tiga kriteria, masing-masing Utama, Madya dan Pratama. Kelurahan di Kota Bogor sendiri masuk dalam tipe Pratama.

“Untuk Kota Bogor terpilih Kelurahan Panaragan, Bogor Tengah dan  Pasir Jaya, Bogor Barat. Semoga tahun depan semuanya sudah menjadi kelurahan tangguh bencana,” jelas Ganjar.RIF (PAKAR)