107 KK Desa Teluk Pinang Gelap-gelapan

by 3126 views

CIAWI-Sebanyak 107 Kepala Keluarga tersebar di tiga Rukun Tetangga di Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor hingga kini masih intim dengan penerangan ‘lampu teplok’. Puluhan tahun mereka belum juga mendapat layanan listrik dari PLN.

Kepala Desa Teluk Pinang, Tatang S mengaku, sejak 2014 lalu telah mengajukan ke Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) supaya warga di wilayahnya yang belum terjangkau aliran listrik mendapat perhatian dari Pemkab Bogor. Namun hingga kini belum mendapat informasi kapan akan direalisasikan.

“Mereka menyebar di RT 3,4 dan 5,” ungkap Tatang kepada PRO, Kamis (11/8/2016).

Dijelaskannya, masih adanya warga yang belum menikmati aliran listrik dari PLN bukan disebabkan akses, melainkan keterbatasan ekonomi. “Mereka tidak mengenal televisi atau perangkat elektronik lainnya, sebab untuk penerangan sehari-hari pun hanya mengandalkan lampu teplon berbahan minyak, Jadi setiap malam warga di tiga RT tersebut gelap-gelapan,” ujarnya.

Kasi Pembangunan Kecamatan Ciawi, Wiwin menjelaskan, pengajuan listrik untuk Desa Teluk Pinang sudah masuk daftar Dinas ESDM. Menurut informasi yang didapat, di tahun 2017 sudah siap dilaksanakan, dan 107 KK ini sudah bisa menikmati aliran listrik.YUS (PAKAR)