Dijewer Camat Sukaraja, Pembangun Jembatan Kali Baru Klepek-klepek

by 16339 views

SUKARAJA-Pembangun jembatan Kali Baru di Kampung Baru RT 05 RW 01, Desa Pasir Laja mengakui belum memiliki izin pendirian dari pemerintah kecamatan dan dinas teknis. 

Keterangan ini terungkap saat pembangun dipanggil Camat Sukaraja, R. Makmun Nawawi, Senin (8/8/2016).  

Kepala Unit Satpol PP Kecamatan Sukaraja, Kalis Suharno mengatakan, pemanggilan berkaitan dengan aspek legalitas proyek. Sebab hasil investigasi baru mengantongi izin lingkungan saja, sementara yang lainnya belum bisa dibuktikan.

"Pemilik mengaku salah dan berjanji untuk menyelesaikan semua perizinan yang diharuskan, termasuk di tingkat kecamatan," ujar Kalis, Selasa (9/8/2016).

Sementara, Kepala DBMP Kabupaten Bogor, Edi Wardani menerangkan, pembangunan jembatan untuk kepentingan komersil di atas aliran Kali Baru jelas menyalahi aturan. 

Karena melakukan aktivitas pekerjaan sebelum mengantongi perizinan dari Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat maupun lingkungan. 

“Itu jelas melanggar, pembangunannya harus distop sampai izinnya bisa dibuktikan, " tandasnya.

Menurutnya, setiap pembangunan proyek haruslah berdasarkan kajian teknis yang matang. Sebab kalau bangunan itu tidak sesuai spek kemudian ambruk, tentunya pelakunya bisa dipidanakan.ADI (PAKAR)