Pipa Dirusak, PDAM Tirta Kahuripan Pilih Acuh

by 2597 views

CIBINONG-Jaringan pipa PDAM Tirta Kahuripan di jalur pelayanan Kedunghalang, tepatnya di depan UPF Puskesmas Cibinong di Jalan Raya Jakarta-Bogor sejak tiga hari terakhir ini rusak akibat ulah pemborong. 

Alhasil, air menyembur tak beraturan dan menyebabkan para pelanggan tidak bisa menikmati pelayanan dari salah satu BUMD di Kabupaten Bogor itu.

Informasi diperoleh, pipa tersebut patah, Minggu (7/8/2016) sore sekira pukul 16.30 WIB. Disebabkan kendaraan alat berat jenis beko yang sedang melakukan penggalian untuk kepentingan proyek pembangunan drainase di ruas jalan nasional tersebut.

"Pipa mungkin terkena bagian depan beko saat pekerja melakukan pengerukan," ungkap Udin, pedagang minuman yang setiap hari mangkal di depan UPF Puskesmas Cibinong kepada PRO, Selasa (9/8/2016).

Atas kondisi ini, lanjut dia, pelaksana proyek pembangunan saluran drainase berusaha melakukan tindakan darurat dengan menyambung kembali pipa yang patang menggunakan selang. Tapi hanya bertahan beberapa jam saja karena kencangnya debit air.

"Air kembali menyembur keluar, entah berapa ribu kubik air sudah terbuang sia-sia," ujarnya.

Sementara, petugas kebersihan UPF Puskesmas Cibinong, Kusnadi mengungkap, sejak pipa patah, air tidak mengalir ke tempat kerjanya.

"Untuk memenuhi kebutuhan air sejak Minggu lalu, saya terpaksa mengambil air di pusat pipa yang patah menggunakan ember," tuturnya.

Dia mengaku kecewa, tidak ada upaya cekatan. Baik dari PDAM Tirta Kahuripan maupun pelaksana proyek pembangunan drainase.

"Sampai hari ini saja belum terlihat petugas PDAM Tirta Kahuripan datang ke lokasi untuk sekadar mengecek kondisinya," geram Kusnadi.

Sedangkan ketika dikonfirmasi, staf bagian Humas PDAM Tirta Kahuripan yang tak bersedia disebutkan namanya mengaku belum menerima laporan adanya kerusakan pipa sehingga menyebabkan kebocoran dari PDAM Cabang Kedunghalang.ADI (PAKAR)